Komentar

OLa_Nirvana . Powered by Blogger.

Artikel Terbaru

About me

Cover Band

Cover Band

Recent Comments

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

RSS

7 Ciri Template Blog User Friendly

Template Blog User Friendly NJW V4
TEMPLATE blog tidak saja harus SEO Friendly (bersahabat dengan mesin pencari) agar mudah diidensk Google, tapi juga harus User Friendly (bersahabat dengan pengunjung).

Blog yang User Friendly akan disukai pembaca dan otomatis akan disukai juga oleh Google --karena mesin pencari terpopuler di dunia ini selalu berpihak kepada pengguna.

Dalam memilih blog, jangan fokus ke keren, bagus, atau indahnya, meski itu juga penting, namun yang terpenting adalah Fast Loading --cepat loadingnya! Ringan. Itu salah satu ciri template blog User Friendly.

Ciri-Ciri Template Blog User Friendly

1. Fast Loading
Disebut juga Loading TimeTampilannya cepat! Anda bisa menguji atau mengetahui kecepatan loading blog di GT Metrix. Rekomendasi perbaikannya juga nanti muncul di sana.

Menurut Google, idealnya kecepatan loading blog itu di bawah 4 detik! Menurut sebuah penelitian, sebanyak 75 % pengunjung tidak akan kembali lagi ke blog yang loadingnyalebih dari empat detik.

The speed at which your blog loads is critical to attracting more readers to your blog. If your blog takes a long time to load, many readers may leave your blog before they have the chance to read it.(Make Your Blog Load Faster!).
2. Memiliki Menu Navigasi & Link yang Baik
Blog harus memiliki navigasi menu atau internal link yang memudahkan pengunjung untuk mengeksplorasi isi blog.

Navigasi Menu diletakkan di posisi yang mudah dilihat user, misalnya di atas atau di bawah Header.

Internal link juga harus ada di sidebar blog, seperti Posting Terbau, Posting Terpopuler, dan Random Posts (Optional).

Di bawah tiap postingan "wajib" ada Related Posts untuk memandu pengunjung ke posting sejenis atau setema.

3. Social Share
Tombol Share ke Facebook, Twitter, Google Plus, dll wajib ada di bawah postingan untuk memudahkan user membagikan posting berkualitas di blog Anda ke media sosial. Minimal buat kepentingan admin blog sendiri untuk share ke sosmednya.

4. Scannable!
Pembaca blog itu hakikatnya memindai (scanning), bukan membaca (reading). Makanya, di dunia online ada istilah scannable text, yakni teks yang mudah dipindai alias mudah dibaca dan dipahami.

Ciri-ciri blog yang user friendly a.l. menyajikan tulisan yang scannable, yakni:

  • Ukuran huruf tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar, antara 13px s.d. 16px, tergantung jenis huruf yang digunakan.
  • Jenis huruf yang baik yaitu kelompok Sans-Serif, seperti Arial, Verdana, Tahoma, Helvetica. Hindari jenis huruf yang "indah" namun sulit dibaca di layar monitor.
  • Menggunakan alinea/paragraf pendek. Idealnya maksimal 5 baris per alinea.
  • Ada jarak antar-alinea. Istilahnya: White Space! Jangan bertumpuk tanpa jarak!
  • Align left. Rata kiri, bukan justify. Rata kiri lebih mudah dibaca, terkesan rileks, dan menyisakan banyak ruang untuk istirahat mata. Align Text "Justify" alias rata kiri-kanan kesannya "formal", "kaku", mirip surat resmi, dan gaya media cetak.
5. Dominasi Biru atau Hitam
Termasuk Ciri-Ciri Template Blog User Friendly adalah dominasi warna hitam atau biru yang sudah familiar dengan user (UX). Warna gelap seperti hitam/biru tidak menyilaukan mata, berbeda dengan merah, orange, dsb yang bikin mata "sakit".

Warna link, terutama dalam posting, hendaknya biru, sebagaimana link di Google dan Yahoo. Warna biru link sudah familiar dengan pengunjung alias user friendly.

6. Tidak Kumuh
Banyak blogger yang terlalu banyak "memainkan" warna di blognya. Akibatnya, blognya terkesan "kumuh". Gunakan template blog yang simple, minimalis, bersih, sehingga bikin nyaman user juga menjadikan blog Fast Loading.

7. Responsive!
Kini era mobile device. Banyak pengguna internet menggunakan HP atau SmartPhone. Maka, gunakan template responsive (mobile friendly) agar tampilan blog mampu "menyesuikan diri" (adaptif) dengan perangkat yang digunakan user.

Demikian 7 Ciri Template Blog User Friendly. Ada tambahan? Tampilan blog yang bagaimana yang Anda sukai? 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment