Komentar

OLa_Nirvana . Powered by Blogger.

Artikel Terbaru

About me

Cover Band

Cover Band

Recent Comments

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

RSS

3 Cara Menyetel Gitar Dengan Cepat dan Tepat

3 Cara Menyetel Gitar Dengan Cepat dan Tepat Melakukan penyetelan dan mengetahui cara menyetel gitar menjadi sebuah kewajiban bagi anda yang memiliki sebuah gitar. Hal itu dikarenakan jika anda sudah melakukan penyetelan nada nada terhadap masing masing senar gitar maka senar tersebut akan memiliki nada yang tepat misalnya standar yaitu E-A-D-G-B-E. Jika sudah ter stel sempurnya maka ketika anda memainkan gitar menggunakan chord akan terbentuk nada yang harmonis. Berbeda ketika gitar anda belum di stel dengan benar maka kunci apapun yang anda bentuk tidak akan menghasilkan nada yang harmonis dengan kata lain nada tersebut akan fals.
Ada bayak cara menyetel gitar yang dapat anda lakukan, cara cara tersebut juga tergolong tidak terlalu susah untuk anda yang masih dalam tahap mempelajari cara bermain gitar. Bahkan sekarang ini teknologi sudah canggih sehingga apapun dapat dilakukan dengan mudah tak terkecuali untuk stem senar gitar ini. Ada yang menggunakan alat ataupun menyetel gitar secara manual yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.
Cara Menyetel Gitar Menggunakan cara manual Cara ini yang paling banyak digunakan untuk menyetel gitar, memang tidak memerlukan biaya karena hanya menggunakan cara manual. Namun dibutuhkan kepekaan telinga anda dalam melakukan penyetelan senar gitar menggunakan cara ini. Caranya yaitu dengan menentukan senar no 1, setelah itu anda tekan senar no 2 pada fret ke 5 samakan dengan nada senar no 1 tadi. Kemudian tekan senar no 3 pada fret ke 4 samakan dengan nada senar no 2, perhatikan urutan berikut : Senar 1 = Fret ke 5 senar 2 Senar 2 = Fret ke 4 senar 3 Senar 3 = Fret ke 5 senar 4 Senar 4 = Fret ke 5 senar 5 Senar 5 = Fret ke 5 senar 6 Samakan nada nada dari setiap fret dan senar tersebut sampai nadanya sama, dengan cara itu maka gitar anda sudah ter stem. Namun kelemahan lain menyetel gitar dengan cara manual yaitu nada yang anda tentukan tadi bukan nada stanar (E-A-D-G-B-E), melainkan nada tersebut tergantung dari seberapa anda menyetel senar patokan dalam hal ini yaitu senar 1.

Menggunakan Tuner Cara ini lebih akurat daripada cara yang pertama yaitu menggunakan tuner. Tuner adalah sebuah alat yang dibuat khusus untuk memudahkan anda sehingga tidak perlu susah susah mencari cara menyetel gitar. Cara kerja alat ini yaitu menangkap sebuah gelombang frekuensi yang diterima dari bunyi getaran senar gitar dan oleh tuner akan dicari nada dari gelombang tersebut. Ada dua jenis tuner yang dapat kita gunakan, yang pertama clip tuner, tuner jenis ini dapat kita jepitkan di headstock gitar dan dapat menangkap bunyi senar gitar dengan mudah. Jenis tuner kedua yaitu tuner pedal, jenis tuner gitar yang ini berbeda dari yang sebelumnya. Kita membutuhkan sebuah kabel yang menghubungkan gitar dengan alat ini sehingga gitar anda harus terdapat pickup atau equalizer. Cara untuk menyetel gitar denga tuner sangatlah mudah, hanya perlu memetik senar misalnya senar no 1 maka akan muncul tampilan seperti penunjuk apakah sudah tepat atau belum nada yang dihasilkan. Anda harus menyetel senar no 1 sampai muncul tampilan nada E, untuk senar lainnya sebagai berikut : Senar 1 = E Senar 2 = B Senar 3 = G Senar 4 = D Senar 5 = A Senar 6 = E

 Menggunakan aplikasi tuner smartphone Download aplikasi tuner di smartphone anda, sangat banyak sekali di app store terdapat aplikasi untuk menyetel gitar. Cara kerjanya pun sama dengan clip tuner, yaitu anda hanya perlu mendekatkan smartphone di gitar dan kemudian menyesuaikan nada senar gitar menggunakan patokan nada seperti di atas. Demikian beberapa tips dan cara menyetel gitar, terimakasih telah berkunjung.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment