Komentar

OLa_Nirvana . Powered by Blogger.

Artikel Terbaru

About me

Cover Band

Cover Band

Recent Comments

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

RSS

Cara Instal Framework (Xposed Installer) di Lollipop & Marshmallow

Instal Xposed installer di android lollipop
Xposed Framework

Xposed Installer, tools ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para oprekers android karena fungsinya yang menarik dan sangat memudahkan kita dalam aktifitas modifikasi ROM tanpa harus meng-instal Custom ROM atau bongkar pasang Recompile Decompile yang membuat kepala pusing tujuh keliling. Inilah yang membuat tools ini menjadi salah satu yang wajib di instal di smartphone maupun tablet Android yang sudah mendapatkan akses Root.

Agar tools ini dapat bekerja pada sebuah smartphone android maka kita perlu memasang atau mengperbaharui framework. Jika anda baru saja beralih ke android terbaru seperti Lollipop mungkin akan bertanya-tanya "Lho kok gak bisa di instal?" padahal biasanya hanya tinggal instal apk-nya update reboot selesai, Saya sendiri awalnya juga sempat kebingungan sebab sekarang cara ini sudah tidak berlaku lagi bagi Android lollipop dan marsmallow. Terus gimana dong? Tenang temanku, Revo89 developers xposed sendiri terus bekerja keras agar tools ini dapat digunakan pada android versi terbaru, meski masih tahap alpha tools ini  tetap bekerja dengan baik, dan sekarang revo sudah meluncurkan update resminya, tapi untuk proses instalasi sendiri berbeda dari sebelumnya yang menurut saya lumayan ribet karena harus melalui custom recovery. Jadi, agar dapat menginstalnya android anda harus sudah terinstal CWM/TWRP.

Mungkin akan ada beberapa bugs. Saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada perangkat anda

Download XposedInstaller_3.0_alpha4.apk DISINI sebagai pengelola module yang anda instal nantinya
Download Framework-nya DISINI (unduh sesuai CPU masing-masing)
KET: SDK21 adalah Android 5.0 Lollipop, SDK22 adalah versi 5.1 dan SDK23 adalah Android 6.0 Marshmallow.
Pastikan anda mengunduhnya sesuai device yang anda gunakan, apabila salah kemungkinan besar perangkat akan mengalami bootloop, tapi jangan khawatir hal tersebut dapat di atasi dengan melakukan uninstal, untuk mendownload bahannya DISINI

Baik, mari kita mulai.
1. Instal apk-nya seperti biasa, seletah selesai coba buka aplikasinya maka akan seperti gambar dibawah ini
Perlu update framework
Yang perlu kita lakukan adalah meng-update framework melalui custom recovery.
2. Masuk ke mode recovery baik itu CWM atau TWRP yang anda gunakan, cara ini relatif berbeda-beda, kalau saya lebih suka menggunakan tools terminal emulator dengan mengetik perintah "su" lalu enter dan dilanjut dengan mengetik "reboot recovery" (enter)

3. Setelah masuk ke mode recovery install Xposed Framework yang sudah anda download diatas.
  • Untuk pengguna CWM - Instal zip from sdcard > choose zip from sdcard > pilih framwork-nya dan instal > reboot selesai.
  • Untuk pengguna TWRP -  Instal > cari filenya > kemudian swipe atau geser ke kanan untuk meng-instal > reboot selesai..
4. Jika berhasil biasanya android akan melakukan pembaruan system yang akan memakan waktu lumayan lama tergantung banyak atau sedikitnya aplikasi yang anda pasang. Tunggu sampai selesai.

5. Jika device sudah menyala kembali buka Xposed installer dan akan berubah seperti gambar dibawah ini, itu menandakan bahwa framework sudah aktif dan sudah bisa digunakan.
Framework Aktif
Lagi-lagi akan saya ingatkan. Pastikan anda mengunduh framework yang tepat untuk device yang anda gunakan, sebab apabila tidak sesuai kemungkinan besar akan terjadi bootloop. Untuk mengatasi hal tersebut lakukan uninstal melalui mode recovery, link sudah saya berikan diatas, pilih sesuai CPU anda lalu lakukan instal seperti cara diatas.

Demikian tutorialnya  semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment