Komentar

OLa_Nirvana . Powered by Blogger.

Artikel Terbaru

About me

Cover Band

Cover Band

Recent Comments

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

RSS

Tutorial Install Android M Cyanogenmod 13 pada Zenfone 2 (Z00A/Z008)

Ada beberapa produsen smartphone yang bakal kebagian sistem operasi mobile Android 6.0 Marshmallow, dari sekian banyak produsen asus juga termasuk salah satunya. Namun perlu diingat, tidak semuanya smartphone asus kebagian update tersebut, seperti Zenfone kelas menengah yaitu Zenfone 5 dan 6.
Menurut informasi yang saya lihat di forum ZenTalk, kebanyakan perangkat Asus yang mendapati update tersebut ada pada perangkat Zenfone 2. Itupun merupakan keluaran terbaru zenfone 2 yaitu seri ZenFone 2 Deluxe, dan Zenfone 2 Laser.
Pada artikel kali ini ngeblogweb ingin membagi tutorial install Android M Cyanogenmod 13 in Zenfone 2 (Z00A/Z008) tapi bukan updatan resmi firmware Asus melainkan ROM Cyanogenmod 13. ROM ini masih dalam tahapan Alpha belum versi final nya, kemungkinan setelah flash ROM ini nanti akan muncul beberapa Bug yang nanti akan di perbaiki pada versi final dari custom ROM ini. tapi siapa yang perduli bug tersebut jika kita punya updatan android 6.0 zenfone, rasanya gimana gitu, sebab smartphone lain belum ada updatan Marshmallow. wooww, bagus bukan?
Tapi jangan senang dulu anda harus mengikuti tutorial ini dengan teliti, jika salah dalam tahap instalasi Zenfone akan BOOTLOOP. Bila sudah siap mari kita mulai Install Android M Cyanogenmod 13 di Asus Zenfone 2.



Tentang ROM CyanogenMod

CyanogenMod adalah firmware alternatif (tidak resmi) yang tetap menggunakan sistem operasi bawaan Android sebagai badanya, namun CyanogenMod menawarkan fitur yang lebih bagus yang tidak ditemukan pada firmware resmi smartphone. CyanogenMod juga berperan untuk meningkatkan kinerja smartphone (tweaks) dan kehandalan (performa) dibandingkan firmware resmi yang dikeluarkan vendor perangkat. Dari faktor kinerja kita dapat bandingkan melalui uji benchmark melalui aplikasi quadrant / antutu pada Android, Bila sudah di uji pasti terlintas di pikiran kita dimana CyanogenMod lebih unggul dibanding firmware bawaannya.
Sedangkan dari faktor performa, CyanogenMod memiliki performa yang baik antara lain codec untuk FLAC (Free Lossless Audio Codec), memberikan pilihan themes yang lebih variatif, dukungan overclocking CPU, klien OpenVPN, layar sentuh yang lebih responsif,  menu reboot, toggleswitch yang bisa diatur sesuka hati, serta peningkatan pada interface dan tampilan, saya yakin anda akan puas.

Beberapa Bug CyanogenMod 13

  • Audio nya tidak bagus jika main game Real Racing 3
  • Sim 2 tidak bisa disable
  • Tidak ada suara jika melakukan panggilan pertama di sim 1 kemudian panggilan baru di sim 2 (panggilan pertama ada suara, jika panggilan baru pada sim 2, suara yang di call hilang)
  • Selinux dalam mode enforcing 
  •  Beberapa aplikasi tidak berjalan bagus, jika demikian download aplikasi yang berbayar (paid)
  • USB UMS sering error tapi MTP work.
Screenshots
Android M Cyanogenmod 13 ROM 1

Android M Cyanogenmod 13 ROM 2

Android M Cyanogenmod 13 ROM 3

Syarat instalasi CyanogenMod 13

  1. Recovery TWRP jangan recovery bawaan
  2. Baterai diatas 40%
  3. ROM ini hanya untuk Zenfone 2, Jangan di coba pada perangkat lain
  4. Backup semua data.

Install Cyanogenmod 13 (Android M) in Asus Zenfone 2

  1.  Download dulu ROM dan GApps nya di sini (Z00A / Z008) (GApps) kemudian letakkan di Internal memory
  2. Matikan zenfone anda, kemudian tekan & tahan Power+Volup+Voldown buttons. Untuk masuk kedalam menu boot device dan pilih TWRP Recovery (Gunakan TWRP Recovery ini,Z00A theSSJ’s TWRP / Z008 theSSJ’s TWRP).
  3. Dalam TWRP Recovery select menu Wipe> Advanced Option> Select data, Cache & Dalvik cache. Swipe ke kanan untuk confirm. Jangan select Internal memory.
  4. Balik lagi ke TWRP menu & select Install zip from SDcard & dan cari file CM-13.zip di tempat anda simpan
  5. Jika sudah ketemu, Swipe ke kanan untuk Install. Tunggu hingga muncul pesan "Install successful!" Sekarang tinggal flash GApps package, balik ke menu Install. kemudian Select Gapps package & swipe ke kanan untuk Install
  6. Sekarang tinggal clear cache & dalvik cache. kemudian reboot device anda. 

Akhir kata

Untuk mengaktifkan akses root, Enable kan developer options dan pergi ke Settings -> Developer options -> root access. Bila gagal melakukan beberapa tahap di atas, contact saya di kolom komentar Peace! 

    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS

    0 comments:

    Post a Comment