Komentar

OLa_Nirvana . Powered by Blogger.

Artikel Terbaru

About me

Cover Band

Cover Band

Recent Comments

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

RSS

Cara Membuat Breadcrumbs Dengan Rich Snippets

Sobat blogger, Breadcrumbs ini adalah sebuah navigasi yang sederhana yang mungkin biasa anda lihat diatas judul artikel blog. Hal ini berguna untuk menavigasi label terkait diblog anda dan ini membantu pengguna untuk memahami hieraraki dan struktur web / blog anda dan yang paling penting hal ini berguna bagi pengunjung untuk memahami kategori sebuah konten yang sedang mereka baca.

Cara Membuat Breadcrumbs Dengan Rich Snippets

Tidak hanya membantu dalam menavigasi; hal ini juga membantu untuk memperkaya website SERP Anda di (Search Engine Result Page). Menggunakan RDFa markup, Anda dapat menempatkan link breadcrumbs ini juga pada hasil pencarian dari  web / blog dan anda juga akan melihat label breadcrumbs tersebut di search engine atau terindex di search engine Google, seperti contoh gambar dihasil pencarian dibawah ini.


Cara Membuat Breadcrumbs Dengan Rich Snippets

Bagi anda yang ingin menambahkan breadcrumbs yang saya pikir ini sangat berpengaruh pada SEO blog anda untuk bisa lebih meningkatkan peringkat dihasil pencarian karena hal ini berkaitan bahwa situs anda bisa dianggap situs yang relevan.


Cara Membuat Breadcrumbs Dengan Rich Snippets & SEO Friendly

1. Buka akun blogger anda.
2. Pilih menu template dan klik edit HTML.
3. Selanjutnya letakan kode dibawah ini tepat diatas kode ]]></b:skin> atau </style>

/* Css Breadcrumbs */
.breadcrumbs {font-size:100%;overflow:hidden;padding:5px 0;margin:0 15px;position:relative;border-bottom:1px solid #ebeeef;border-top:1px solid #ebeeef;color:#ccc;margin:0 15px 15px;text-overflow: ellipsis;white-space: nowrap;overflow:hidden;display:block}.breadcrumbs a {color:#ddd;font-size:13px;font-weight:normal;}.breadcrumbs span a {color:#768187;padding:0;}.breadcrumbs &gt; span:last-child {width:0;color:#ccc;font-size:13px;font-weight:300}.breadcrumbs span a:hover {color:#333;}.breadcrumbs a:hover {color:#333;}

4. Selanjutnya anda cari kode seperti dibawah ini.

 <b:includable id='main' var='top'>

5. Jika sudah ditemukan, Silahkan ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini.

<b:includable id='breadcrumb' var='posts'>
      <b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
        <div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='nofollow'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span>
     </div>
      <b:else/>
        <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
        <b:loop values='data:posts' var='post'>
        <b:if cond='data:post.labels'>
        <div class='breadcrumbs'><span itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Breadcrumb'><a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='url'><span itemprop='title'>Home</span></a></span> &#187; <b:loop values='data:post.labels' var='label'><span itemscope='' itemtype='http://data-vocabulary.org/Breadcrumb'><a expr:href='data:label.url + &quot;?&amp;max-results=8&quot;' itemprop='url'><span itemprop='title'><data:label.name/></span></a></span><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> &#187; </b:if> </b:loop> &#187; <span><data:post.title/></span>
        </div>
        <b:else/>
        <div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='nofollow'>Home</a></span> &#187; <span>Uncategories</span> &#187; <span><data:post.title/></span></div>
     </b:if>
        </b:loop>
      <b:else/>
        <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
        <div class='breadcrumbs'> <span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='nofollow'>Home</a></span> &#187; <span>Archive for <data:blog.pageName/></span>
     </div>
      <b:else/>
        <b:if cond='data:blog.searchQuery'>
        <div class='breadcrumbs'><span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='nofollow'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span>
     </div>
      <b:else/>
        <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
        <div class='breadcrumbs'>
     <b:if cond='data:blog.pageName == &quot;&quot;'> <span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='nofollow'>Home</a></span> &#187; <span>All post</span>
        <b:else/>
        <span><a expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='nofollow'>Home</a></span> &#187; <span><data:blog.pageName/></span>
        </b:if>
        </div>
      </b:if>
      </b:if>
      </b:if>
      </b:if>
      </b:if>
      </b:if>
</b:includable>
      <b:includable id='main' var='top'>
   <b:include data='posts' name='breadcrumb'/>

6. Sekarang save template dan lihat perubahannya. 

Saya rasa sudah cukup untuk tips dan cara memasang atau menambahkan breadcrumbs SEO Friendly Dengan Rich Snippets" 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

7 Ciri Template Blog User Friendly

Template Blog User Friendly NJW V4
TEMPLATE blog tidak saja harus SEO Friendly (bersahabat dengan mesin pencari) agar mudah diidensk Google, tapi juga harus User Friendly (bersahabat dengan pengunjung).

Blog yang User Friendly akan disukai pembaca dan otomatis akan disukai juga oleh Google --karena mesin pencari terpopuler di dunia ini selalu berpihak kepada pengguna.

Dalam memilih blog, jangan fokus ke keren, bagus, atau indahnya, meski itu juga penting, namun yang terpenting adalah Fast Loading --cepat loadingnya! Ringan. Itu salah satu ciri template blog User Friendly.

Ciri-Ciri Template Blog User Friendly

1. Fast Loading
Disebut juga Loading TimeTampilannya cepat! Anda bisa menguji atau mengetahui kecepatan loading blog di GT Metrix. Rekomendasi perbaikannya juga nanti muncul di sana.

Menurut Google, idealnya kecepatan loading blog itu di bawah 4 detik! Menurut sebuah penelitian, sebanyak 75 % pengunjung tidak akan kembali lagi ke blog yang loadingnyalebih dari empat detik.

The speed at which your blog loads is critical to attracting more readers to your blog. If your blog takes a long time to load, many readers may leave your blog before they have the chance to read it.(Make Your Blog Load Faster!).
2. Memiliki Menu Navigasi & Link yang Baik
Blog harus memiliki navigasi menu atau internal link yang memudahkan pengunjung untuk mengeksplorasi isi blog.

Navigasi Menu diletakkan di posisi yang mudah dilihat user, misalnya di atas atau di bawah Header.

Internal link juga harus ada di sidebar blog, seperti Posting Terbau, Posting Terpopuler, dan Random Posts (Optional).

Di bawah tiap postingan "wajib" ada Related Posts untuk memandu pengunjung ke posting sejenis atau setema.

3. Social Share
Tombol Share ke Facebook, Twitter, Google Plus, dll wajib ada di bawah postingan untuk memudahkan user membagikan posting berkualitas di blog Anda ke media sosial. Minimal buat kepentingan admin blog sendiri untuk share ke sosmednya.

4. Scannable!
Pembaca blog itu hakikatnya memindai (scanning), bukan membaca (reading). Makanya, di dunia online ada istilah scannable text, yakni teks yang mudah dipindai alias mudah dibaca dan dipahami.

Ciri-ciri blog yang user friendly a.l. menyajikan tulisan yang scannable, yakni:

  • Ukuran huruf tidak terlalu kecil, juga tidak terlalu besar, antara 13px s.d. 16px, tergantung jenis huruf yang digunakan.
  • Jenis huruf yang baik yaitu kelompok Sans-Serif, seperti Arial, Verdana, Tahoma, Helvetica. Hindari jenis huruf yang "indah" namun sulit dibaca di layar monitor.
  • Menggunakan alinea/paragraf pendek. Idealnya maksimal 5 baris per alinea.
  • Ada jarak antar-alinea. Istilahnya: White Space! Jangan bertumpuk tanpa jarak!
  • Align left. Rata kiri, bukan justify. Rata kiri lebih mudah dibaca, terkesan rileks, dan menyisakan banyak ruang untuk istirahat mata. Align Text "Justify" alias rata kiri-kanan kesannya "formal", "kaku", mirip surat resmi, dan gaya media cetak.
5. Dominasi Biru atau Hitam
Termasuk Ciri-Ciri Template Blog User Friendly adalah dominasi warna hitam atau biru yang sudah familiar dengan user (UX). Warna gelap seperti hitam/biru tidak menyilaukan mata, berbeda dengan merah, orange, dsb yang bikin mata "sakit".

Warna link, terutama dalam posting, hendaknya biru, sebagaimana link di Google dan Yahoo. Warna biru link sudah familiar dengan pengunjung alias user friendly.

6. Tidak Kumuh
Banyak blogger yang terlalu banyak "memainkan" warna di blognya. Akibatnya, blognya terkesan "kumuh". Gunakan template blog yang simple, minimalis, bersih, sehingga bikin nyaman user juga menjadikan blog Fast Loading.

7. Responsive!
Kini era mobile device. Banyak pengguna internet menggunakan HP atau SmartPhone. Maka, gunakan template responsive (mobile friendly) agar tampilan blog mampu "menyesuikan diri" (adaptif) dengan perangkat yang digunakan user.

Demikian 7 Ciri Template Blog User Friendly. Ada tambahan? Tampilan blog yang bagaimana yang Anda sukai? 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cara membobol password BIOS komputer


BIOS password digunakan untuk memberi keamanan ekstra pada komputer atau laptop. Jika password pada BIOS komputer atau laptop diaktifkan, maka setting BIOS akan aman terlindung dari akses pihak yang usil. Selain itu langkah ini bisa juga untuk melindungi penggunaan komputer / laptop oleh pihak yang tidak berwenang, karena password selalu diminta saat booting.
Sayangnya bisa timbul masalah kalau kita lupa passwordnya. Kita tidak bisa masuk ke setting BIOS, juga tidak bisa menggunakan komputer. Jika Anda menemui masalah tersebut, cara membobol password BIOS komputerdi bawah ini bisa dicoba.
PERHATIAN! CARA YANG SAYA BERIKAN INI SEBAIKNYA HANYA DIGUNAKAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI, DAN TIDAK DISALAHGUNAKAN UNTUK MEMBOBOL PASSWORD KOMPUTER/LAPTOP ORANG LAIN. SAYA TIDAK BERTANGGUNGJAWAB TERHADAP KERUSAKAN HARDWARE/SOFTWARE YANG MUNGKIN TIMBUL ATAS LANGKAH INI.

Cara membobol password BIOS komputer

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membobol password BIOS komputer agar reset kembali ke setting defaultnya. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Melepas baterai CMOS
  2. Dengan cara men-jumping motherboard
  3. Menggunakan MS DOS command
  4. Menggunakan software tertentu
  5. Menggunakan Backdoor BIOS password
Oke, sekarang saya akan jelaskan satu persatu.
1. Lepaskan baterai CMOS
Semua motherboard memiliki sebuah baterai kecil seukuran koin yang disebut CMOS battery. Fungsi baterai ini adalah memberi arus listrik pada chip CMOS agar bisa digunakan untuk menyimpan semua setting BIOS.
Untuk mereset password, lepaskan baterai tersebut dari motherboard, kemudian tunggulah sekitar 15 – 30 menit, lantas pasang kembali baterai tersebut. Langkah ini akah mereset semua setting BIOS ke nilai default termasuk menonaktifkan passwordnya. Jangan lupa untuk kembali melakukan setting manual terhadap parameter BIOS jika diperlukan.
2. Dengan melakukan jumping motherboard
Hampir semua motherboard memiliki jumper untuk mereset setting yang tersimpan di CMOS termasuk password BIOS. Letak jumper ini bervariasi, tetapi biasanya terletak dekat baterai CMOS. Lebih baik Anda lihat manual motherboard.
Untuk menemukannya lihatlah jumper yang terletak dekat baterai CMOS. Jumper ini memiliki 3 pin, dan biasanya tertera label di sampingnya bertuliskan CLR, CLEAR, CLEAR CMOS, atau semacam itu. Saat Anda menemukannya, dua pin pertama akan dihubungkan oleh konektor berupa kotak kecil (soket jumper). Itu adalah pin 1 dan 2, sedangkan pin 3 bebas. Nah, silahkan cabut soket jumper tersebut kemudian pindahkan ke pin 2 dan 3. Jadi pin 2 dan 3 terhubung, sedangkan pin 1 bebas. Tunggulah beberapa detik, kemudian kembalikan lagi soket jumper tersebut ke posisi asalnya (pin 1 dan 2). Langkah ini akan mereset setting CMOS dan password BIOS.
Perhatian! Lakukan langkah ini dalam kondisi komputer mati dan kabel power dicabut. Jangan lupa menempatkan posisi soket jumper ke posisi semula (tancapkan pada pin 1 dan 2) sebelum menyalakan komputer. Kelalaian akan hal ini akan menyebabkan rusaknya chip BIOS dan komputer Anda akan mati total!
3. Menggunakan MS DOS command
Cara ini hanya bekerja jika komputer bisa booting dan masuk ke sistem, jadi hanya password BIOS yang terproteksi. Jika boot komputer yang terproteksi, maka cara ini tidak bisa digunakan. Langkah ini menggunakan disket/CD/USB yang berisi program MS DOS. Silahkan jalankan MS DOS, kemudian bukalah command prompt dan ketikan perintah ini satu per satu:
debug
o 70 2E
o 71 FF
quit
Catatan: karakter o adalah huruf “o” dan bukan nomor “0” (nol).
Setelah mengetikkan command di atas restar komputer. Setting CMOS dan password BIOS telah direset ke default.
Command yang ditulis di atas sebenarnya langkah dari program debug MS DOS:
– command “o” memberikan nilai tertentu ke port IO (input output)
– angka 70 dan 71 adalah nomor port yang digunakan untuk mengakses memory CMOS
– perintah FF memberitahukan CMOS bahwa ada invalid checksum dan otomatis akan dilakukan reset terhadap setting CMOS termasuk password BIOS
4. Menggunakan software
Jika tidak ingin repot melakukan langkah di atas, Anda bisa melakukan reset CMOS dan password BIOS menggunakan software berikut ini dengan beberapa klik. Silahkan download yang ini: CmosPwd atau yang ini KillCMOS.
5. Banyak produsen BIOS yang menyertakan password BIOS di dalam chipnya. Master password ini sebenarnya digunakan untuk keperluan testing atau troubleshooting. Cobalah memasukkan password default pabrikannya dari daftar di bawah ini. Saya tidak tahu apakah ada perubahan mengenai master password BIOS ini, tetapi tidak ada salahnya dicoba. (eh, banyak teknisi yang malah gak tau tentang ini lho!)
AMI BIOS Passwords:
A.M.I.
AAAMMMIII
AMI?SW
AMI_SW
AMI
BIOS
CONDO
HEWITT RAND
LKWPETER
MI
Oder
PASSWORD
AWARD BIOS Passwords:
01322222
589589
589721
595595
598598
ALFAROME
ALLy
aLLy
aLLY
ALLY
aPAf
_award
award
AWARD_SW
AWARD?SW
AWARD SW
AWARD PW
AWKWARD
awkward
BIOSTAR
CONCAT
CONDO
Condo
d8on
djonet
HLT
J64
J256
J262
j332
j322
KDD
Lkwpeter
LKWPETER
PINT
pint
SER
SKY_FOX
SYXZ
syxz
shift + syxz
TTPTHA
ZAAADA
ZBAAACA
ZJAAADC
PHOENIX BIOS Passwords:
BIOS
CMOS
phoenix
PHOENIX
Passwords umum/sembarang:
ALFAROME
BIOSTAR
biostar
biosstar
CMOS
cmos
LKWPETER
lkwpeter
setup
SETUP
Syxz
Wodj
BIOS Passwords untuk pabrikan lain:
Biostar – Biostar
Compaq – Compaq
Dell – Dell
Enox – xo11nE
Epox – central
Freetech – Posterie
IWill – iwill
Jetway – spooml
Packard Bell – bell9
QDI – QDI
Siemens – SKY_FOX
TMC – BIGO
Toshiba – Toshiba
VOBIS & IBM – merlin
Catatan: semua password bersifat case-sensitive dan bisa diubah kapan saja oleh produsen.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cara membuat robot.txt yang SEO friendly untuk Blogger


Robot.txt default punya Blogger sebenarnya tidak SEO friendly, karena ia mengijinkan search engine untuk mengindeks seluruh page blog kita, termasuk search page, juga mengijinkan mengindeks label artikel dan arsip bulanan. Ini tentu saja kurang bagus dari sisi SEO dan bisa menurunkan rangking blog kita di mata search engine. Untuk mengatasi masalah itu kali ini saya sharing cara membuat robot.txt yang SEO friendly untuk Blogger.
inilah_caranya
Perlu dipahami pula bahwa search pages punya Blogger di dasarkan pada indexing label posting dan navigasi URL. Ini sebenarnya juga kurang bagus karena berpotensi menyebabkan duplicate content error dan duplicate title error. Selain itu search pages Blogger juga berupa dynamic URL yang sebenarnya tidak didukung oleh sebagian besar search engine. Jadi bila search engine mengindeks blog label Anda, maka ia juga akan mengindeks seluruh isi posting, padahal sebenarnya sudah ada dalam indeks. Alhasil muncullah duplicate content.

Robot.txt yang SEO friendly untuk Blogger

Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menggunakan robot.txt untuk Blogger yang SEO friendly, sehingga bisa memberitahu seluruh bot agar tidak mengindeks arsip blog, label, dan halaman navigasi. Robot.txt berikut ini lebih SEO friendly karena bisa menghilangkan error yang sering dilaporkan di dalam Webmaster Tools. Kelebihannya diantaranya:
  • menghilangkan duplicate meta description error
  • menghilangkan duplicate title error
  • mencegah semua bot agar tidak mengindeks hasil pencarian dan label posting

Cara membuat robot.txt yang SEO friendly untuk Blogger

Cara memasang robot.txt yang SEO friendly untuk Blogger caranya begini:
  • Masuk ke Dasboard Blogger Anda >Setting, lalu klik Search Preferences
  • Di bagian Crawler and Indexing, klikEdit di depan Custom robots.txt
  • Klik Yes lalu kopikan kode robot.txt berikut ini, lalu klik Save Changes
User-agent: *
Disallow: /search
Disallow: /*_archive.html
Disallow: /cgi-bin/
Allow: /
Sitemap: http://alamatblogAnda/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Jangan lupa mengganti ‘alamatblogAnda’ dengan alamat blog Anda yang benar, misalnyainilahcaranya.com (tanpa tanda petik)
Nah, sekarang kita sudah menggunakan robot.txt yang SEO friendly untuk Blogger.
Selamat mencoba.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cara Mengatasi Error Website Links di CHKME

Untuk mendapatkan sebuah hasil dari pekerjaan SEO blog yang kita lakukan adalah bukan hasil yang bisa kita hitung hanya dalam kurun waktu hanya dalam beberapa jam saja, butuh waktu yang lama untuk bisa mendapatkan hasil yang kita inginkan dan termasuk kita juga harus memaksimalkan pelaksanaan SEO itu sendiri.
Cara Mengatasi Error Website Links di CHKME

Untuk mendapat hasil yang maksimal di balik itu kita juga perlu melakukan seo yang maksimal. Bagi anda yang sering mengecek nilai seo di situs CHKME dan ingin memaksimalkan nilai SEO blog anda. Untuk itu saya disini ingin sedikit berbagi beberapa trik sederhana untuk mengatasi peringatan error yang sering terjadi pada bagian "Website Links" di chkme untuk memaksimalkan nilai SEO On Page blog kita.

Untuk memulai.. Hal pertama yang mesti anda lakukan adalah backup terlebih dahulu template anda untuk menjaga jika ada kesalahan penempatan.


Cara Mengatasi Error Website Links di CHKME

1. Mengatasi error Pada commnet-form.

Error semacam ini muncul karena tidak adanya title pada bagian comment, untuk mengatasinya sudah tentu menambahkan title.

-Langkah pertama,silahkan cari kode seperti dibawah ini
addCommentOnclick'
-Jika sudah ditemukan silahkan tambahkan kode title='Comments'  setelah kode tadi, hingga akhir penampakannya seperti dibawah ini.
addCommentOnclick' title='Comments' 
keterangan : kode ini biasanya lebih dari satu dan silahkan tembahkan semua kode tersebut, pastikan ada jarak sepasi di antara kode supaya tidak error.

2. Mengatasi error pada img tang dan obeng

Error semacam ini akan muncul jika kita menambahkan sebuah widget baru pada blog kita dan untuk mengatasi error yang muncul...

-Silahkan cari kode seperti di  bawah ini.
 <b:include name='quickedit'/>
- Hapus semua kode tersebut yang ada pada template anda.

3. Mengatasi Error Pada Link dan Gambar

Error seperti ini muncul karena pada bagian link dan gambar anda sebagian besar tidak memiliki title, untuk mengatasinya tentu dengan menambahkan title.

-Cari dan temukan tiga kode di bawah ini
expr:href='data:post.url'
expr:href='data:post.link'
expr:href='data:post.href'
-Selanjutnya tambahkan kode expr:title='data:post.title' pada tiga kode tersebut silahkan tambahkan satu persatu karena kode tersebut pasti banyak dan akhir penampakannya akan seperti dibawah ini.
expr:href='data:post.url'expr:title='data:post.title'
expr:href='data:post.link'expr:title='data:post.title'
expr:href='data:post.href'expr:title='data:post.title'

Pastikan ada jarak sepasi pada penambahan kode. Jika sudah selesai, save dahulu template anda.

4. Mengatasi Error Pada Widget Label.

Jika anda menambahkan widget label, maka error pun akan muncul di bagian website link, untuk mengatasinya ..

-Silahkan cari kode seperti dibawah ini
expr:href='data:label.url'
-Jika sudah ditemukan silahkan tambahkan kode expr:title='data:label.name' sesudah kode tersebut
-sehingga penampakannya seperti di bawah ini
expr:href='data:label.url'expr:title='data:label.name' 
Tidak lupa,pastikan ada jarak sepasi diantara kode.

5. Mengatasi Error pada Url 

Jika pada template anda ada url yang biasa di gunakan di menubar atau yang lain, jika tidak di tambahkan tiele, maka masalah error pun akan muncul di website links.

-Biasanya sebuah URL akan tampak seperti dibawah ini
<a href='http://www.oktavialie.web.id/'>Daftar Isi</a>
-Silahkan tambahkan title yang sesuia dengan nama url tersebut,seperti di bawah ini.
<a href='http://www.oktavialie.web.id/'title='Daftar Isi'>Daftar Isi</a>
Silahkan save template anda.

6. Mengatasi Error pada gambar di posting

Untuk mengatasi error dalam hal ini, anda dapat melakukannya pada artikel saya yang ini Optimasi SEO Menambahkan Alt Tag teks Pada Gambar

Jika sudah selesai semua, silahkan cek kembali error yang terdapat di website link, insyallah sudah pasti hilang. oke semoga bermanfaat sobat blogger.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS